Keistimewaan Pantai Nusa Dua seluas sekitar 350 hektar ini semakin lengkap dengan beragam fasilitas eksklusif

Kamis, 19 Oktober 2017

Puja Mandala

Puja Mandala Nusa Dua Bali







Puja Mandala sebuah kawasan rumah ibadah terpadu (berjajar dengan manis Masjid Ibnu Batutah, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Wihara Budhina Guna, Gereja Kristen Protestan Bukit Doa, serta Pura Jagat Natha) menggambarkan suatu kerukunan hidup antar umat beragama.
Puja berarti memuja, doa. Mandala adalah area atau wilayah. Puja mandala adalah tempat pemujaan, tempat sembahyang umat pada Tuhan. Puja mandala berada di kawasan Nusa Dua, Bali.

Puja Mandala dengan Masjid Agung Ibnu Batutah pada bagian paling kiri, beratap tumpang susun, khas bangunan Masjid Jawa.
Ibnu Batutah adalah pengembara Maroko dengan catatan perjalanan dunia terlengkap dari abad ke-14, melintasi jarak 120.000 km sepanjang dunia kaum Muslim, mencakup 44 negara modern.

Puja Mandala pada bangunan Gereja Katolik Bunda Maria Segala Bangsa, tepat di sebelah Masjid Agung Ibnu Batutah, dengan menara tunggal, dinding depan gevel mengikuti bentuk atap dan bagian belakang atap tumpang.

Puja Mandala pada bangunan Wihara Budhina Guna dengan ornamen cantik berwarna putih dan keemasan. Wihara ini tampak anggun dan mewah. Pengerjaan patung dan ornamennya terlihat sangat halus dan detail.
Puja Mandala pada bangunan Gereja Kristen Protestan Bukit Doa dengan sentuhan ornamen lokal cukup kental.
Puja Mandala pada bangunan Kori Agung Pura Jagat Natha Nusa Dua.Kala makara bagian atas pintu Kori Agung. Kala makara paling besar dibuat dengan sepasang tangan berkuku panjang, yang tidak lazim dijumpai pada candi-candi Jawa.
Image
Puja Mandala menjadi simbol pentingnya kedekatan antar umat beragama, setidaknya secara fisik, agar hidup berdampingan tanpa saling mengganggu. Meyakini kepercayaan sudah menjadi kewajaran, dan meyakini kepercayaannya paling benar juga wajar. Namun, tampaknya hanya jika hubungan manusia dengan Tuhannya baik, maka baik pula hubungannya dengan orang lain, apa pun kepercayaan orang lain itu.


1 komentar:



  1. Terima kasih atas artikelnya
    eh, ada yang mau bikin wahana air, kolam renang atau seluncuran ga?
    hubungi aja
    Kontraktor waterboom

    profesional banget deh pokoknya

    terimakasaih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...