Keistimewaan Pantai Nusa Dua seluas sekitar 350 hektar ini semakin lengkap dengan beragam fasilitas eksklusif

Senin, 08 Oktober 2018

Keuntungan Pemerintah Bali, Dengan Diselenggarakannya IMF di Bali.


Pertemuan tahunan antara International Monetary Fun (IMF) dan Bank Dunia yang digelar di Bali pada tanggal 8-14 Oktober 2018 ternyata banyak keuntungan yang didapat khususnya untuk Bali.
Image result for keuntungan imf bagi bali

Sektor pariwisata makin terangkat

Bagi sebagian wisatawan asing, Bali merupakan salah satu destinasi wisata tujuan yang paling dicari dari sekian tempat wisata dunia. Sebab, pamor Bali menyuguhkan beragam eksotika yang banyak mencuri perhatian wisatawan. Dengan digelarnya ajang tersebut, maka keuntungan pertemuan IMF dan Bank Dunia di Bali adalah membuat pamor Pulau Dewata itu makin terangkat. Tak terkecuali nama Indonesia sebagai negara yang menaungi ribuan pulau termasuk Bali.
Related image


Pihak penyelenggara mengestimasikan jumlah tamu undangan yang hadir ke ajang bergengsi tersebut mencapai 34.000 orang dari seluruh dunia. Para tamu yang hadir tersebut berasal dari para menteri keuangan, gubernur bank, ekonom, pengusaha hingga kalangan akademisi dunia. Secara otomatis, jumlah kunjungan wisatawan asing dan domestik ke Bali pada bulan ini mengalami peningkatan. Sekedar informasi, pada 2017 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali mencapai sekitar 5,7 juta orang atau mengalami peningkatan dibandingkan pada 2013 yang mencapai 3,28 juta orang.
Hingga Agustus 2018 saja, tercatat wisatawan asing yang berkunjung ke Bali mencapai sekitar 4 juta orang. Adapun, khusus untuk jumlah wisatawan lokal pada 2017 yang berkunjung ke Bali mencapai 8,74 juta orang atau meningkat dibandingkan dengan tahun 2013 yang mencapai 6,98 juta orang.

Ekonomi Bali menggeliat

Membincang peningkatan sektor pariwisata di Bali dari dampak positif ajang pertemuan IMF dan Bank Dunia, tentu berkaitan dengan peningkatan ekonomi di pulau tersebut. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mengestimasikan ajang pertemuan IMF dan Bank Dunia tersebut diprediksi bakal memberikan nilai tambah terhadap ekonomi Bali yang mencapai sekitar Rp6 triliun.
Image result for keuntungan imf bagi bali

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bahkan mengklaim perhelatan tersebut berdampak secara langsung terhadap perekonomian Bali sekitar Rp1,1 triliun. Nilai estimasi tersebut berasal dari sektor hotel, makan dan minum, tranportasi, belanja, hingga penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-WBG.
Bukan hanya keuntungan ekonomi secara makro, dampak positif dari perhelatan tersebut juga berimbas terhadap ekonomi skala kecil dan menengah. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah hingga pengrajin pernak-pernik di Bali juga bakal ketiban untung. Pasalnya, selain wisatawan reguler yang datang ke Bali, para delegasi pertemuan IMF dan Bank Dunia juga diperkirakan akan banyak memborong oleh-oleh khas kerajinan Bali yang diproduksi oleh masyarakat setempat.

Banyak keuntungan pertemuan IMF dan Bank Dunia di Bali. Dari sekian ratusan negara dan puluhan ribu delegasi termasuk para pengusaha dunia, pemerintah meyakini bakal banyak investasi masuk.
Tak tanggung-tanggung, pemerintah menawarkan investasi senilai Rp522 triliun kepada para tamu undangan ajang tersebut. Adapun, investasi yang ditawarkan berasal dari sektor infrastruktur seperti proyek pembangunan bandara dan jalan tol serta sektor pariwisata dan perkebunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...