Keistimewaan Pantai Nusa Dua seluas sekitar 350 hektar ini semakin lengkap dengan beragam fasilitas eksklusif

Sabtu, 10 November 2012

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran berada di pesisir selatan Pulau Bali, Kabupaten Badung, Bali – Indonesia. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Kedonganan. Dari Pantai Kuta jaraknya sekitar 5 km, sedangkan dari Denpasar berjarak sekitar 18 km atau sekitar 15 menit perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai dengan menggunakan kendaraan bermotor.
Pantai Jimbaran ialah pantai menarik dan eksotis yang menjadi salah satu destinasi kewisataan pantai di Bali. Pantai Jimbaran sudah terkenal dan menggema namanya bukan hanya dikalangan wisatawan lokal, namun juga nama Jimbaran sudah berada di level internasional. Keindahan dan panoramanya-lah yang membuat pantai ini senantiasa dikunjungi oleh siapapun yang bertandang ke Bali, baik untuk tujuan wisata maupun untuk kegiatan tugas kerja dan lainnya. Pokoknya tak akan menyesal setiap orang yang mengunjungi kawasan Jimbaran ini.
Jimbaran yang merupakan pantai berpasir putih ini lokasinya berdekatan dengan Bandara Internasional Ngurah Rai sehingga ketika pesawat mendarat ataupun terbang bisa melihat secara langsung deburan ombak di Pantai Jimbaran. Kondisinya yang tenang dan nyaman, serta ombaknya yang tak terlalu besar dan tidak membahayakan menjadikan Jimbaran semakin menjadi favorit dikalangan wisatawan.
Dari tepi pantai akan terlihat jukung-jukung atau perahu nelayan tradisional yang sedang menjalankan tugas kesehariannya sebagai pecanri ikan, berlayar. Pemandangan seperti itu yang menjadi daya tarik atau nilai plus pantai ini karena memang tak akan didapatkan dibeberapa pantai lainnya, semisal Kuta atau Legian.
Pasca pengeboman di kawasan Sari Cub dan juga Puddys Pub satu dasawarsa silam, secara perlahan kondisi Bali secara umum dan Jimbaran khususnya kembali dipadati oleh berbagai turis asing dan juga lokal. Mereka yang datang kesini bisa melakukan berbagai kegiatan mulai dari berjemur, berjalan santai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah, dan juga berenang. Dan hal yang paling dinanti-nantikan oleh para wisatawan ialah disaat momen sunset. Ketika sore menjelang, seolah sudah menjadi ritual khusus, banyak orang berkumpul sambil menyaksikan dan menghayati detik demi detik mulai kembalinya matahari ke peraduannya.
Siapapun akan terkesan tatkala menyaksikan sunset. Detik per detik yang dilalui memperlihatkan proses turunnya “cahaya dunia” itu ke peraduannya yang secara kasat mata seolah tertelan oleh samudera yang luas. Matahari yang disimbolisasi dengan api itu terlihat seperti masuk kedalam air laut yang lama-kelamaan semakin mengecil intensitas semburatan cahayanya sampai akhirnya padam. Dan proses itulah yang sangat dinanti-natikan oleh para wisatawan dan banyak diantara mereka yang berusaha mengabadikan momen-momen tersebut dengan memotret atau memvideokannya.
Keindahan dan keeksotisan Pantai Jimbaran ini semakin lengkap berpadu dengan lezatnya kuliner yang tersedia. Dikalangan para turis, Jimbaran juga dikenal sebagai pantai yang menyediakan berbagai jajanan hewan laut (seafood) yang sangat memanjakan lidah dan perut. Bisa terlihat berbagai restoran seafood berjejer di sepanjang pantai dan bisa Anda pilih salah satunya untuk merasakan sensasi bermakan seafood di tepi pantai.
Jimbaran ialah pantai yang banyak menghasilkan ikan atau sering juga disebut sebagai kampung ikan karena memang sedari dulu banyak warganya yang berprofesi sebagai nelayan atau pencari ikan. Di ujung Pantai Jimbaran ini terdapat pasar yang menjual ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan Jimbaran. Biasanya restoran-restoran seafood itu mengambil ikan-ikan untuk diolah dari pasar ikan tersebut sehingga kualitas maupun kesegarannya masih terjaga.
Berbagai jenis ikan bisa didapatkan di pasar ini.
Kawasan pasar ikan tersebut semakin terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan karena dulunya pernah dikunjungi oleh Lady Dyana dari Inggris. Karena alasan itulah, dimana semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Pantai Jimbaran, maka kemudian timbul insiatif dibenak warga sekitar untuk mendirikan resto-resto seafood yang ikannya diambil langsung dari perairan Jimbaran. Berbagai jenis hewan laut seperti cumi-cumi, lobster, udang, bawal dan lainnya lengkap tersedia disini dan bisa dipesan serta disantap dengan lahap.
Di kafe atau resto yang berada di tepi pantai itu, Anda bisa menikmati makan malam (dinner) yang ditemani dengan sunset yang indah dan momen paling dinantikan banyak orang. Bagaimana dengan harganya? Harganya sendiri bisa dikatakan relatif masih terjangkau oleh kantong wisarawan lokal sekalipun. Biasanya akan dihitung per gram atau per ons dari setiap ikan yang dipilih. Maka, kapan lagi Anda bisa makan ditempat yang wah, indah dan mempesona dengan menu seafood yang maknyus. Terlebih kalau Anda ditemani oleh sang pujaan hati maka suasana dan nuansanya akan semakin terasa menakjubkan.

Untuk akomodasinya sendiri, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak pilihan hotel atau penginapan yang bisa dipilih yang terdapat di sepanjang jalan menuju pantai. Pun bagi Anda yang ingin melakukan olahraga air seperti selancar (surfing), parasailing maupun naik perahu nelayan bisa juga dijajal disini. Dengan kelengkapan panorama dan fasilitasnya tersebut, maka pantas kalau Jimbaran disebut sebagai surganya kewisataan di Pulau Dewata..

1 komentar:

  1. Jimbaran adalah tempat paporit saya untuk makan malam dengan menu seafoodnya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...